08788-3-414243
08788-3-414243
0817-001-5571
5961-9EF4

Apa itu Alpha Lipoic Acid (ALA)?

Wednesday, December 17th 2014. | Artikel

Apa itu Alpha Lipoic Acid (ALA)?

Alpha Lipoic Acid (ALA)

Alpha Lipoic Acid (ALA) atau asam alfa lipoat merupakan antioksidan kuat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Bahkan banyak ahli menyebut ALA sebagai salah satu antioksidan paling kuat yang pernah ditemukan, sehingga suplementasi ALA pun kini banyak tersedia. Namun, apakah sebenarnya pengaruh ALA bagi kesehatan kita?

Alpha Lipoic Acid atau ALA adalah antioksidan alami yang diproduksi oleh tubuh dan dari makanan yang kita konsumsi. Namun ada beberapa kondisi yang menyebabkan produksi ALA dalam tubuh berkurang dan ada pula beberapa kondisi yang menyebabkan kebutuhan ALA kita meningkat.

Faktor yang Menyebabkan ALA dalam Tubuh Berkurang:

  • Usia yang semakin bertambah.
  • Penyakit diabetes.
  • Kekurangan asupan protein.
  • Masalah pada sistem pencernaan.
  • Mengidap katarak.
  • Daya tahan tubuh yang lemah.

Kondisi yang Menyebabkan Kebutuhan ALA Meningkat:

Pada kondisi-kondisi tertentu, tubuh membutuhkan ALA untuk menjaga metabolisme tetap stabil dan terhindar dari kondisi kesehatan yang lebih buruk. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang menyebabkan kebutuhan ALA meningkat, antara lain:

  1. Diabetes. Orang yang mengidap diabetes memiliki tingkat insulin yang rendah dalam tubuhnya. Insulin berguna untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh. ALA akan membantu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes dan menyeimbangkan gula darah pada orang yang bukan penderita diabetes. Namun, bagi penderita diabetes, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi ALA.
  2. Regenerasi Liver. Kebiasaan minum alkohol yang berlebihan bisa menyebabkan kondisi kesehatan hati menurun dan sulit dipulihkan. ALA dapat mengatasi masalah regenerasi hati dengan membantu menghasilkan glutathione, sebagai makanan hati.
  3. Kolesterol. ALA juga membantu menyeimbangkan tingkat kolesterol dalam tubuh.
  4. Hipertensi. Tekanan darah tinggi adalah kondisi yang harus segera diobati, jika Anda tidak ingin mengalami kerusakan organ tubuh lainnya seperti jantung dan paru-paru. ALA akan meningkatkan aliran dan sirkulasi darah sekaligus memperkuat otot jantung dan pembuluh darah.
  5. Glaukoma. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa ALA membantu dalam pengobatan glaukoma, penyakit yang menyerang saraf penglihatan.
    Suplementasi ALA

Karena kondisi-kondisi di atas yang menyebabkan kebutuhan ALA kita meningkat, maka kita harus meningkatkan konsumsi ALA kita. ALA bisa kita dapatkan melalui makanan sehari-hari. Namun menurut para ahli, ALA dalam makanan ini hanya ditemukan dalam jumlah kecil, sehingga dalam kondisi tertentu suplementasi ALA sangat dibutuhkan.

Manfaat Suplementasi ALA

Berikut ini berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari suplementasi ALA:

  • Suplemen ALA membantu mengatasi kelelahan dengan meningkatkan produksi energi.
  • Suplemen ALA membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.
  • Suplemen ALA membantu menjaga fungsi otak pada orang dewasa, mencegah penuaan, dan juga dapat meningkatkan daya ingat.
  • Suplemen ALA sering digunakan dalam pengobatan medis kasus penyakit hati untuk membantu melindungi sel hati dan membantu proses pengeluaran racun dari tubuh.
  • Suplemen ALA membantu mencegah kematian mendadak dari kerusakan saraf dan jantung pada penderita diabetes.
  • Suplemen ALA juga sering digunakan dalam terapi pasien dengan HIV dan penyakit infeksi lainnya untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Siapa Sajakah Yang Dianjurkan Mengkonsumsi Suplemen ALA?
    ALA sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang berusia di atas 40 tahun, karena semakin bertambahnya umur makan produksi ALA dalam tubuh akan menurun. Para vegetarian dianjurkan untuk mengkonsumsi ALA karena mereka tidak memakan daging yang merupakan sumber utama ALA. Selain itu, pasien dengan kondisi medis tertentu seperti yang disebutkan sebelumnya juga dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen ALA, dengan pengawasan dari dokter tentunya.
    Pengaruh ALA terhadap Berat Badan
  • Apa ada hubungan antara ALA dan penurunan berat badan? Masalah berat badan ini disebabkan oleh kemampuan tubuh yang terbatas dalam menyimpan glikogen, dan juga adanya akumulasi lemak dalam tubuh. Solusi untuk menurunkan berat badan adalah dengan meningkatkan asupan glukosa ke otot. Insulin adalah satu-satunya hormon yang dapat melakukan ini, untuk itu tubuh membutuhkan sesuatu yang dapat meniru insulin agar glukosa lebih maksimal digunakan oleh otot.
  • ALA merupakan peniru insulin yang sempurna. Ketika penyimpanan glikogen dalam tubuh sudah penuh dan insulin bekerja untuk mengubah kelebihan gula sebagai lemak, secara alami ALA akan segera meniru sebagai insulin. Ketika pengirim glikogen meningkat, jumlah glukosa yang masuk ke dalam otot akan meningkat dan menyebabkan timbunan lemak berkurang.
    Sangat mengesankan mengetahui bagaimana sebuah molekul yang relatif kecil dan sederhana seperti asam lipoat ternyata mempunyai segudang fungsi bagi berlangsungnya sistem tubuh yang optimal. Oleh karena itulah menjaga level ALA dalam tubuh tetap optimal sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Inilah Pentingnya Antioksidan untuk Tubuh, selain berada dalam ALA, juga terdapat pada GLUTHATHIONE dari Glucola. Dapatkan segera untuk pemenuhan prima tubuh Anda. Hubungi CS Kami untuk konsultasinya dan order. Anda pun juga bisa konsultasi terkait produk untuk perawatan kecantikan Nano Spray. Sehat dan Cantik Luar Dalam. Terima kasih.

tags: , ,

Artikel lain Apa itu Alpha Lipoic Acid (ALA)?